Label

Senin, 29 November 2010

Cerita Lucu masa lalu chapter 1


How to be smart?? Chapter ini menceritakan bagaimana seseorang menjadi “cerdas”. Wait a minute, kita samakan persepsi dulu, apa itu cerdas?? Seseorang yang dengan cepat mendapatkan alternatif-alternatif solusi untuk memecahkan masalah. Cekatan, tanggap, dan responsif. Yupz bener banget!!
Tapi, buat aku di masa-masa Sekolah Dasar (SD) orang cerdas itu orang yang rangking 1. Ha,,ha anda juga berfikir gitu kan waktu SD?? Jadi yang saya ulas secara tajam disini “cerdas” bisa rangking 1.
Juli 1995, ceritanya aku masuk SD, without Taman Kanak-kanak (TK). Sebenernya kalo denger Golden Age Maria Montesorri, wah rugi ya, gak TK bahkan Pre School. Tapi, kondisi ekonomi dan psikologis (alias males) aku waktu kecil gak mampu TK, ya udah gak bisa nyalahin keadaan kan??
Umur 5 tahun lebih, aku udah SD, sumpah,,berasa bayi sendiri, maaf-bukan dalam artian baby face. Tapi aku tuh kayak yang paling bodo sendiri. Yang laen nyanyi, aku manyun, yang laen ngacungin tangan, aku nunduk, yang laen sikap siaga, aku tidur. Yah, peserta didik yang kayak gini yang bikin guru berat beban kerjanya.
Merasa gak betah sekolah, aku duduk paling belakang, merasa terasingkan ( waduh, masa kecil kurang menyenangkan). Hingga akhirnya, aku bahagia sekali, aku sekelurga pindah rumah,so,,pindah juga sekolah.
Biasanya kalo ada siswa yang pindahan, siswa yang lain sedih sambil say god bye, tapi ini kok gak ya, siswa laen kayaknya seneng banget, apalagi gurunya, pasti dalam batinnya, hilanglah sudah penderitaan .
Juli 1996, kelas 2 SD, aku di sekolah baru, adaptasi lagi nih, semangat dong pastinya. Wah, ternyata penderitaan belum selesai, sekolah di satu kecamatan udah penuh semua. Gak ada yang bisa nerima aku, tapi aku gak sedih ya? Mungkin psikologis aku masih males kali ya buat sekolah. Ha,,ha.
Hingga akhirnya tetangga aku yang guru, maksa-maksa kepala sekolahnya biar aku diterima disekolahnya. Padahal dalam hatiku, gak usah dipaksa wong anaknya aja males sekolah.
Baru hari pertama di sekolah baru, aku tuh gak dijemput ama orang rumah, waduh mana baru hafal jalan, dasar lemot, akhirnya nyasar. Anak laen udah sampe rumah jam 1-an, aku jam 3 belum nyampe rumah. Mamah tuh khawatir banget. Tapi salahnya sendiri ya, gak jemput aku. BT banget, sendiri jongkok di deket warung, gak kerasa uang bekel jajan sepulur ribu abis buat beli donat di warung. Tukang warungnya lagi, ngapain ngeladenin bocah kecil.
Hingga akhirnya, datanglah anak seumuran aku, namanya  Tia ( samaran, takutnya dia malu di sebutin namanya, habisnya namanya jelek, he..) aku sempet kenal, dia sekomplek, cuma beda kelas di sekolah.
“ Ibu kamu nyari dari tadi, kamu lagi apa disini?” tanya dia.
“ Eh, tia..ini aku nyasar” ucapku sambil buang bungkus donat ditangan.
*        
Keesokan harinya, ibu nyuruh tia jagain aku takut ilang lagi katanya. Hari kedua di sekolah aku tetap duduk di belakang. Tapi ini lebih asyik dibandingkan sekolah yang lama, aku punya sobat CS, namanya Jihan, kacamatanya tebel banget, kayak gulali bening, bajunya kedodoran, rompinya kotak-kotak, sedikit keluar cairan bening dari hidungnya. Jangan positif thingking dulu ya, dia pake kacamata tebel bukan karena rajin baca ya, tapi dia bilang waktu bayi ibunya  numpahin bedak ke matanya, jadi aja burem deh.
Sisi asyiknya dia dijadiin temen adalah, karena dia bisa diajak ngobrol, ketawa-ketawa, apalagi pas pelajaran. Ha..ha, anda pasti tahu kelanjutan ceritanya kan? Yupz, dimarah guru, di hukum, dan yang pasti diketawain sekelas.
Jihan senang banget liat aku menderita, dia ikutan ketawa.
“ Bu guru, jihan kok gak ikut di hukum?” tanyaku heran.
“ Jihan anak luar biasa sayang, jadi dia memang selalu seperti itu.” Jawab ibu. Wah ibu guru pilih kasih nih.
Saat jam istirahat berlangsung, tia mendekat ke kelasku sambil bawa makanan. Wah, langsung aku samber.
“ Kamu duduk dimana?” tanya tia.
“ Tuh di belakang, “ sambil menunjuk ke bangku pojok belakang.
“ Oh,,Sama siapa duduknya” tia mengangguk.
“ Jihan,,”
“Jihan yang gak normal itu ya?”seru tia.
“Hah? Gak normal?” pantes aja ibu guru bilang dia luar biasa. Mungkin ibu guru belum selesai mengucapkan kalimatnya, harusnya luar biasa anehnya.Wah, aku jadi banyak mikir, giliran aku punya temen di kelas yang semacam jihan, nyambung lagi obrolannya, jangan-jangan aku semacam jihan. Idih..aku normal ah.
*        
Satu caturwulanpun terlalui, gak ada yang berubah, di sekolah lama ataupun baru, raportku selalu seperti itu, gak ada merahnya. Eits, jangan salah sangka dulu ya, gak ada merah karena nilainya 6 semua, paling tinggi 7,5 kesenian.
Aku iri banget sama yang namanya Rusti, heni, Dan Nia. Mereka selalu berlomba-lomba dapetin rangking 1, kalo yang rangking 1 heni, rusti rangking 2, nia rangking 3. Kalo yang rangking 1 rusti, nia rangking 2, heni rangking 3. Wah berasa selebritis kelas, guru sayang, ibu sayang, ayah sayang, temen sayang, bahkan penjaga kantin sayang.
Ibu –ibu rusti, heni dan nia tuh, hobi banget ngegosip di depan kelas, kesannya bangga banget anak nya rangking 1, wah ibu-ibu yang lain cuma diem aja, kesannya malu. Padahal kenapa meski malu, gak rangking 1, asal anaknya normal harusnya bersyukur kan?? Kalo mamah yang harusnya diem, karena anaknya diambang normal. Ehh Amit-amit..Aku normaaal.
Aku tuh cuma bisa merenung aja, yang laen belajar. Hingga mamah deketin aku.
“Kenapa say? Sedih banget anak mamah!”
“ Mah, aku kok gini banget ya nilainya? Kurang apa sih aku ini?”
Mamah langsung tolak pinggang, dan mengerutkan dahi,
“ Ya iyalah nilainya kecil, kerjaannya nonton tv, kartun terus,,”
Wah, jadi ngamuk nih mamah, padahal pas pembagian rapot udah ngamuk, jadi sekarang ronde keduanya. Salah topik pembicaraan nih.
Aku liat ke jendela, langit indah banget, banyak sekali bintang, percis banget kayak di film kartun tadi sore. Di film kartun, ada kisah anak yang melihat bintang jatuh terus memohon permintaannya, bakal terkabul semua permintaannya. Wah..enak banget ya, kalo ada bintang jatuh aku mo minta jadi anak rangking 1 ah.
Eits,,wow,,uww,,beneran ada bintang jatuh, wah, langsung aja mulut komat-kamit minta rangking 1. Hingga aku mesem-mesem, besok pasti indah.
*        
Hari pertama triwulan kedua, aku coba pindah dari bangku sesat, sebelah jihan. Jihan terlihat sedih seakan kehilangan sumber ketawanya. Aku juga sedih sih, bukan karena ninggalin dia, tapi sedih yang kosong tuh, depan banget meja guru, tapi yang namanya niat. Semua berawal dari niat.
Sekarang aku sebelahan sama Heni, dia ramah banget. Setelah 3 jam disebelah dia, ternyata orang cerdas( karena rangking 1) itu gak bikin BT kok .
PR jadi selesai tepat waktu, biasanya gak pernah dikerjain. Hafal materi sebelum ulangan. Wah, heni memang hebat, bisa merubah aku jadi normal kembali. Kalo guru nyuruh aku ke depan, aku langsung kedepan, dan jawabannya tuh bener. Sukses.
Aku sempat melirik ke arah bangku jihan, sebenarnya disana juga seru sih, tapi..maaf ya jihan, aku normal. Jihan duduk sendiri lagi, tapi dia sekarang udah bisa ketawa lagi, ada Aga anak cowo yang bosen  duduk di depan pindah bareng jihan. Wah, hilang beban moral aku sama jihan. He,he.
*        
Pembagian raport Cawu 2 pun berlangsung. Prosesi penyebutan nama orang cerdaspun berlangsung. Rangking 1-10 disebutin. Heny, Rusti, Nia......
Aku males banget dengerin prosesi ini, dari kelas 1, pembagian raport tuh, semacam hal yang menyeramkan, karena siang hari setelah pembagian raport itu adalah prosesi kemarahan. Yupz, mamah marah-marah nilainya dibawah standar.
Aku yang melamun langsung kaget waktu namaku disebutin rangking ke 4, wuih..berasa orang cerdas. Aku seperti jalan di karpet merah, di banggakan seisi ruangan. Mamah senyum sumringah, gak sia-sia dia dandan pagi ini, make upnya tebel, baru katanya.
Wah, ini meski dicatat sejarah, hal yang paling mengesankan seumur hidup. Ini berkat kerja kerasku mengerjakan PR, hafalan ujian, duduk tegap, memperhatikan guru dan mencintai guru. ( well, yang terakhir diragukan).
Di Kelas 5, dan 6 karir ku menanjak di rangking 2 dan 3. Bahkan di SMP aku langganan rangking 1. Nah, sekarang yang bikin bingung adalah, apa penyebab kecerdasanku saat itu?
a.        Rajin, Semangat, Yakin.
b.       Duduk di sebelah Heny yang punya ilmu magis.
c.        Bintang Jatuh.
d.       Mamah Dandan, make up baru.
Wah, aku ucapin terimakasih buat semuanya deh,
1.       Allah SWT, yang membuat bintang jatuhku jadi kenyataan, maksudnya doa. Jika kita berdoa maka apapun akan dikabulkan asal, sabar dan percaya
2.       Heny, atau teman. Kita harus bisa milih temen. Bukannya pilih-pilih temen, tapi berada di lingkungan yang tepat menuju kebaikan.
3.       Mamah, bapak, mereka pasti udah berdoa dan berbuat yang terbaik untuk kita.
4.       My Self, aku mau berterima kasih buat diri sendiri, bukannya narsis ya,,tapi perlunya self actualizing, penghargaan terhadap diri sendiri itu perlu, supaya semangat, percaya diri, dan berusaha sekuat tenaga. Tercapai deh..
Ha,,ha..Mau Smart?? Setelah beranjak dewasa, 20 tahun tepatnya, smart itu, gak berarti yang rangking 1. Menurut aku rangking 1 secara intelektual itu, biasa, tapi menggabungkan cerdas intelektual, emosional, dan spiritual itu yang sulit. Mungkin hanya mahkluk Tuhan yang spesial yang punya itu. Rasullullah saw tentunya.

“yang mempunyai akal yang cerdas; dan (Jibril itu) menampakkan diri dengan rupa yang asli.”. (An Najm6).
Berikut petikan firman Allah menyebutkan Rasullulah cerdas saat mendapatkan wahyu. Subhanallah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar